Dikutip dari laman resmi NFPA yang berjudul “Does NFPA offer company or corporate memberships?” menyatakan bahwa: Saat ini NFPA tidak menawarkan keanggotaan atau membership NFPA atas nama perusahaan.
.
Membership yang NFPA tawarkan hanya berfokus pada perorangan dengan tawaran manfaat sebagai berikut:
- Akses ke jaringan profesional global
- Dukungan teknis dari pakar NFPA
- Diskon untuk produk dan solusi
- Akses ke publikasi dan konten eksklusif anggota
- Hak suara dalam proses pengembangan standar (untuk anggota individu)
.
Fokus utama keanggotaan NFPA adalah untuk mendukung profesional individu dalam bidang keselamatan kebakaran, kelistrikan, dan keselamatan jiwa dalam pekerjaan mereka, bukan keanggotaan yang ditujukan untuk entitas bisnis atau perusahaan secara keseluruhan.
Membership NFPA Atas Nama Perusahaan
Mengapa NFPA tidak menawarkan membership atas nama perusahaan? Meskipun ribuan perusahaan konstruksi, kontraktor proteksi kebakaran, dan perusahaan asuransi sangat bergantung pada standar NFPA?
Jawabannya terletak pada misi inti, struktur pengambilan keputusan, dan filosofi keanggotaan NFPA.

.
Saat ini, keanggotaan NFPA difokuskan pada profesional individu, dan ada beberapa alasan utama di balik kebijakan ini, diantaranya:
1. Memastikan Integritas dan Keseimbangan Proses Konsensus
Adapun alasan yang paling mendasar mengapa NFPA membatasi keanggotaan pada individu, hal ini berkaitan erat dengan bagaimana proses pengembangan standar konsensus dari NFPA.
Standar dan kode NFPA — yang berjumlah lebih dari 300, tidak dibuat oleh sekelompok kecil staf.
Melainkan standar tersebut dikembangkan, diulas, dan disetujui oleh Komite Teknis (Technical Committees) yang terdiri dari ratusan pakar sukarela dari berbagai latar belakang.
Untuk memastikan standar tersebut adil, tidak bias, dan berfokus pada keselamatan publik di atas segalanya, Komite Teknis NFPA harus mengikuti persyaratan ketat untuk mencapai keseimbangan kepentingan (balance of interests). Anggota komite diklasifikasikan ke dalam kategori, seperti:
- Manufacturer (M): Produsen peralatan yang diatur oleh standar.
- User (U): Pihak yang mengoperasikan atau menggunakan peralatan/sistem.
- Installer/Maintainer (I/M): Kontraktor yang memasang atau memelihara sistem.
- Labor (L): Perwakilan serikat pekerja.
- Applied Research/Testing Laboratory (RT): Laboratorium pengujian.
- Enforcing Authority (E): Petugas pemadam kebakaran, inspektur, atau regulator.
- Insurance (I): Perwakilan industri asuransi.
- Consumer (C): Konsumen yang tidak memiliki kepentingan finansial di bidang tersebut.
- Special Expert (SE): Individu yang memiliki keahlian teknis khusus.
.
Jika NFPA menawarkan membership NFPA atas nama perusahaan, hal itu berpotensi mengganggu keseimbangan ini.
Corporate Membership dapat diartikan sebagai memberikan satu entitas bisnis hak suara kolektif atau pengaruh yang berlebihan dalam proses standar.
Dengan memberikan hak keanggotaan dan hak suara hanya kepada individu, NFPA mempertahankan fokus pada keahlian dan perspektif profesional seseorang, terlepas dari ukuran atau kekuatan finansial perusahaan tempat mereka bekerja.
Fokus pada individu memastikan bahwa suara yang didengar adalah suara pakar, bukan suara modal korporat.
.
2. Keanggotaan sebagai Pengakuan Profesional Individual
NFPA memposisikan member sebagai pengakuan dan peningkatan karir bagi seorang profesional. Adapun manfaat membership NFPA dirancang untuk mendukung perjalanan karir anggotanya, seperti misalnya:
- Dukungan Teknis: Akses langsung ke pakar NFPA untuk menafsirkan kode.
- Networking: Berpartisipasi dalam Member Sections (misal: Seksi Pemadam Kebakaran, Seksi Arsitek dan Insinyur, dll.) yang berorientasi pada disiplin ilmu tertentu.
- Pendidikan: Diskon untuk pelatihan dan sertifikasi NFPA.
- Hak Suara: Kemampuan untuk memberikan suara dalam pertemuan tahunan NFPA mengenai standar yang akan datang.
.
Manfaat ini adalah aset bagi individu yang ingin meningkatkan kredibilitas, memperluas pengetahuan, dan memajukan karirnya. Keanggotaan korporat akan menghilangkan fokus personal ini, mengubahnya menjadi langganan perusahaan alih-alih keterlibatan profesional.
.
3. Fokus pada Penggunaan Standar, Bukan Kepemilikan Standar
NFPA adalah organisasi nirlaba yang didanai melalui penjualan produk (kode, buku, pelatihan, dan sertifikasi), dan biaya individual membership. NFPA ingin agar standarnya diadopsi secara luas oleh pemerintah daerah maupun perusahaan di seluruh dunia.
Meskipun perusahaan adalah pengguna utama kode, perusahaan sudah memiliki cara untuk berinteraksi dengan NFPA tanpa memerlukan membership NFPA atas nama perusahaan:
- Pembelian Kode dan Lisensi: Perusahaan membeli salinan kode dan standar yang mereka butuhkan.
- Pelatihan dan Sertifikasi: Perusahaan mengirimkan karyawannya untuk mendapatkan pelatihan dan sertifikasi NFPA.
- Keterlibatan Komite: Perusahaan mendorong (dan mendanai) staf ahli mereka untuk berpartisipasi dalam Komite Teknis (sebagai anggota individu yang mewakili kategori kepentingan tertentu).
.
Fokus pada individu memungkinkan NFPA untuk menjaga model bisnis NFPA menjadi tetap bersih: NFPA menjual pengetahuan dan keahlian (melalui produk dan pelatihan) dan menawarkan koneksi serta pengaruh (melalui keanggotaan individu).
.
4. Alternatif Non-Membership untuk Bisnis atau Perusahaan
Meskipun tidak ada membership NFPA atas nama perusahaan, namun bagi perusahaan besar yang ingin mendukung NFPA serta ingin melibatkan banyak staf perusahaan, perusahaan masih memiliki opsi lain, diantaranya:
- Mensponsori Acara: Menjadi sponsor konferensi dan pameran NFPA (NFPA Conference & Expo).
- Membeli Keanggotaan Massal (Group Membership): Beberapa organisasi nirlaba atau asosiasi sejenis NFPA sering kali menawarkan program keanggotaan kelompok, di mana perusahaan membayar iuran tahunan untuk sejumlah karyawan agar menjadi anggota individu. Meskipun NFPA saat ini tidak secara eksplisit mempromosikan kategori ini, jika ada permintaan yang cukup, mereka mungkin mempertimbangkannya (seperti yang ditunjukkan oleh respons di situs web mereka bahwa mereka terbuka terhadap ide tersebut di masa depan).
- Membangun Kemitraan Strategis: Bekerja sama dengan NFPA dalam inisiatif penelitian atau program keselamatan publik yang lebih luas.
.
Tidak Adanya Membership NFPA atas nama Perusahaan Bukanlah Suatu Pengawasan
Keputusan NFPA untuk tidak menawarkan membership NFPA atas nama perusahaan bukanlah suatu pengawasan, melainkan pilihan strategis yang disengaja untuk memperkuat integritas dan misi NFPA.
Dengan hanya mengakui profesional individu sebagai anggota, NFPA memastikan bahwa:
- Integritas Standar Tetap Utama: Proses konsensus tetap seimbang dan adil, bebas dari dominasi kepentingan komersial korporat tunggal.
- Fokus pada Pengembangan Karir: Manfaat keanggotaan secara langsung mendukung kemajuan, pendidikan, dan jaringan individu yang bertanggung jawab atas keselamatan kebakaran, listrik, dan jiwa.
Bagi sebuah perusahaan, cara terbaik untuk “bergabung” dengan NFPA adalah dengan mendorong sebanyak mungkin staf ahli mereka untuk menjadi anggota perorangan.
Dengan cara ini, perusahaan mendapatkan manfaat dari karyawan yang memiliki pengetahuan terkini dan jaringan terkuat, sementara NFPA mempertahankan komitmen utamanya terhadap keselamatan publik global.
.
Membership dan Sertifikat NFPA — PT ReedFOX Ultimate Indonesia
Membership NFPA PT ReedFOX Ultimate Indonesia diwakili oleh Fadhlan Hamid sebagai International Certified Fire Suppression Engineer. Selain member di NFPA, Fadhlan Hamid juga member dan certified di FSSA (Fire Suppression Systems Association) dan SFPE (Society Fire Protection Engineer).






Apa aja keahlian dan keterampilan Fadhlan Hamid di bidang Fire Suppression Systems, silakan kunjungi: Sertifikasi & Kompetensi Fadhlan Hamid • International certified Fire Suppression Engineer.
.
Jasa Refill FM200 Bergaransi 5 Tahun dan Garansi 100% Uang Kembali
Jika Anda sedang mencari perusahaan workshop tempat pengisian ulang clean agent gas fire suppression systems, Anda bisa menghubungi PT ReedFOX Ultimate Indonesia.
ReedFOX merupakan workshop refilling station FM200 yang menawarkan banyak sekali manfaat dengan jaminan berupa garansi 5 tahun pertama di dunia dan 100% garansi uang kembali.
